Sambut GNP Biz
Hingga Agustus, Baru 345.501 Unit Rumah Rakyat Terbangun
Diposkan tanggal 21 August 2016

Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) kembali mengeluarkan data terbaru terkait realisasi Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah yang sampai Agustus ini mencapai 345.501 unit.

Ini artinya menyisakan 654.499 unit lagi yang harus dikejar dalam sisa masa kerja kurang dari tiga tahun lagi dari Kabinet Kerja Presiden Joko widodo.

"Laporan dari BTN sudah bangun 220.000 unit, dari APBN sekitar 100.000, pemerintah daerah 8.500 unit, kemudian kementerian lembaga Transmigrasi 16.923 unit, dan rumah komersial yang dibangun masyarakat 78 unit," ujar Direktur Jenderal Penyediaan perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanudin, di Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Kendati ada peningkatan jumlah rumah yang terbangun, Syarif mengaku pelaksanaannya di lapangan masih terhambat beberapa permasalahan seperti penyediaan lahan, perizinan, biaya, sumber daya, sebagainya.

Maka dari itu, pihaknya berencana melakukan percepatan pembangunan sejuta rumah dengan cara penyederhanaan perizinan.

"Perlu adanya stimulan dengan kemudahan perizinan terutama bagi pembangunan perumahan yang ditujukan buat masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) guna percepatan pembangunan pemenuhan kebutuhan rumah," imbuh Syarif.

Untuk mendukung itu, Syarif melanjutkan, bahwa saat ini sudah ada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Penyederhanaan Perizinan Pembangunan perumahan.

Inpres tersebut salah satunya berisi bahwa Menteri PUPR diberikan mandat untuk melaksanakan penyederhanaan kebijakan, persyaratan, dan proses penerbitan IMB untuk pembangunan perumahan.

comments powered by Disqus