Sambut GNP Biz
Menuju REI Satu, Hari Raharta Perjuangkan Bank Tanah
Diposkan tanggal 25 August 2016

Posisi Eddy Hussy sebagai Ketua Umum DPP REI tak lama lagi akan berakhir. 

Asosiasi para pengembang properti ini akan menggelar pemilihan Ketua Umum baru pada 26 November 2016 mendatang.

Hari Raharta Sudradjat tercatat merupakan kandidat pertama yang mendaftarkan diri di Kantor DPP REI Jakarta pada Kamis (25/8/2016).

Dalam perbincangannya dengan media, Hari akan menjadikan isu bank tanah sebagai agenda utama jika dia terpilih sebagai Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) periode kepengurusan 2016-2019.

Tanah, kata Hari, merupakan bahan baku yang sangat menentukan kelangsungan perusahaan pengembang properti. 

Dalam kondisi aktual, ketersediaan tanah menjadi sangat krusial. Terlebih di kota-kota besar, harga tanah yang ditentukan pasar tidak sebanding dengan dengan harga rumah yang dipatok pemerintah.

"Pengembang sulit bergerak karena ketersediaan tanah di kota-kota besar terbatas. Sudah begitu harganya diserahkan kepada mekanisme pasar. Sementara harga rumah ditentukan pemerintah sangat rendah," jelas Hari kepada Kompas.com, Kamis (25/8/2016). 

Selain isu bank tanah, Hari juga akan meningkatkan peran dan posisi REI sebagai mitra pemerintah yang terlibat langsung dalam pembangunan perumahan.

Dia juga berambisi Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah yang dicanangkan Pemerintahan Joko Widodo, akan dibantu maksimal perwujudannya.

"REI ini organisasi yang membawa solusi dan selalu memberi masukan kepada pemerintah. Karena itu, Program Satu Juta Rumah ini kami dukung, karena efeknya berantai. Terutama di daerah. Padat karya, dan melibatkan 170 industri," tutur Hari.

Program lainnya yang akan dicanangkan Hari adalah meningkatkan kualitas dan kemampuan pengembang untuk mampu tampil tidak hanya di pentas Nasional melainkan mancanegara. 

Pengembang Nasional, kata Hari, harus mampu memproduksi properti yang layak untuk ditawarkan di pasar internasional, atau sebaliknya mampu mengembangkan properti di luar negeri. 

"Kita punya 5.000 anggota tercatat. Sebanyak 2.700 di antaranya anggota aktif. Saya akan bina para anggota ini untuk meningkatkan kapasitasnya," imbuh Hari.

Hari yang kini menjabat sebagai Sekjen DPP REI percaya diri maju dalam pemilihan Ketua Umum DPP REI setelah mengantongi dukungan dari 28 Dewan Pengurus Daerah (DPD) dari total 34 DPD di seluruh Indonesia.

Sementara enam DPD lainya yakni Papua Barat, Maluku, Bengkulu, Sulawesi Tenggara, Banten, dan Sumatera Barat masih belum menentukan sikap.

comments powered by Disqus